Oleh: Adie | September 16, 2010

Topeng Malang

Topeng malang merupakan pementasan wayang Gedog yang dalam pertunjukannya mempergunakan topeng. Dalam perkembangannya di Kedungmoro dan Polowijen, kecamatan Blimbing, Malang yang terkenal dengan sebutan Topeng Jabung. Dalam pementasannya mengetengahkan ceritera-ceritera Panji dengan tokoh-tokohnya sperti : Panji Inu Kertapati, Klana Swandana, Dewi Ragil Kuning, Raden Gunungsari, dll. Para penari mengenakan topeng dan menari sesuai dengan karakter tokoh yang dimainkan. Dalam pementasan dipergunakan tirai yang terbelah tenga sebagai pintu keluar/ masuk para penarinya.

Maestro Topeng Malang, yang tetap melestarikannya adalah Mbah Karimun bersama istrinya Siti Maryam, dengan tetap melatih anak-anak kecil dilingkungannya untuk belajar membuat Topeng malang dan tari Topeng Malangan.

Semikian pula Mbah Kari ( kelahiran Desa Jabung Malang, 1936 ) dengan tekun memahat dan mengukir kayu dibuat topeng. Ketekunan yang dilandasi oleh semangat pengabdian dan kesetiaan pada trasisi topeng yang diwarisi dari nenek moyangnya, walaupun di usia tuanya masih dengan penuh semangat melatih para penari usia muda, memberikan contoh ragam-ragam gerak tari toeng Malangan versi Jabung.

Sumber : http://www.museumwayang.com/


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: